Jendela Dunia

Cara Menghilangkan Jerawat Alami dan Murah Meriah

FOURTWO-Jerawat bisa jadi mimpi buruk. Pori-pori tertutup kotoran, polusi, produk skincare yang tidak tepat, dan paparan sinar matahari jadi kombinasi 'kombo' penyebab jerawat. Tak cukup sampai di situ, jerawat juga masih jadi teror saat meninggalkan bekas.

Bekas luka jerawat timbul akibat lesi yang meradang dan merusak jaringan kulit. Kulit pun berusaha memperbaiki dirinya sendiri kemudian membentuk jaringan parut yang dikenal sebagai bekas jerawat. Ada sekian banyak perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat seperti microdermabrasion, chemical peeling, dermal grafting, dan laser. Namun, cara-cara itu tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Alih-alih mengeluarkan kocek berlebih, beberapa cara berikut bisa membantu Anda menghilangkan jerawat dengan cara yang jauh lebih murah, mengutip Boldsky.

1. Perasan lemon

Lemon bisa membantu Anda mengatasi jerawat dan bekasnya. Vitamin C pada lemon mampu menenangkan jerawat dan mencerahkan area bekas jerawat. Cukup siapkan satu sendok makan perasan lemon. Celupkan kapas pada perasan lemon dan tepuk-tepuk pada bekas jerawat. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukan setiap hari hingga menunjukkan perubahan. Namun, perlu dicatat, terapi dengan perasan lemon tak dianjurkan diaplikasikan pada kulit sensitif karena bisa menimbulkan iritasi.

2. Madu dan kayu manis

Madu merupakan pelembap alami yang membuat kulit tetap kenyal dan cerah. Sedangkan kayu manis memiliki komponen antibakteri yang dapat mencegah bakteri penyebab jerawat. Siapkan masing-masing satu sendok makan madu dan bubuk kayu manis. Campur keduanya dan aplikasikan pada bekas jerawat sebelum tidur. Bilas saat bangun tidur dan keringkan. Gunakan 3-4 kali dalam seminggu.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki banyak manfaat buat kulit, termasuk mengatasi bekas jerawat. Kaya akan kandungan vitamin E, minyak kelapa mampu membantu regenerasi sel kulit dan mendorong produksi kolagen. Ambil minyak kelapa secukupnya. Letakkan pada telapak tangan dan gosok hingga terasa hangat. Aplikasikan pada bekas jerawat dan diamkan selama semalaman. Bilas pada pagi hari. Ulangi penggunaan hingga muncul hasil yang diinginkan.

4. Lidah buaya

Lidah buaya bisa jadi solusi untuk sebagian besar masalah kulit. Tak heran jika lidah buaya digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit. Lidah buaya mengandung komponen antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan membantu menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya segar atau gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Usahakan memilih produk yang tanpa kandungan alkohol. Oleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama semalaman dan bilas di pagi harinya.

 

 

 

 

 

Author: Fitriyana Dwi S.

Menikmati Cita Rasa 'Juicy' Steak ala New York di Ibu Kota

FOURTWO-Gedung-gedung pencakar langit di pusat Jakarta jadi pemandangan saat tengah menunggu steak dari New York, seolah-olah sedang berada di kota berjuluk The Big Apple itu. Jakarta baru saja kedatangan steak dari Manhattan, New York, Amerika Serikat. Restoran bernama Wolfgang's Steakhouse ini diklaim sebagai 1 dari 10 steakhouse terbaik di New York. Wolfgang Zwiener yang telah bekerja lebih dari 40 tahun di restoran steak terkenal di New York memberanikan diri membuka steakhouse sendiri pada 2004 lalu. Dia membuka Wolfgang's Steakhouse di Park Avenue, Manhattan.

Kini, steakhouse yang dirintisnya sudah melanglang buana hingga Asia seperti Jepang, China, Korea Selatan, Filipina, dan yang terbaru di Indonesia. Restoran di Indonesia berbeda dengan 24 Wolfgang's Steakhouse lainnya. Restoran yang terletak Mall Elysee, SCBD ini menjadi satu-satunya Wolfgang's Steakhouse di dunia yang memiliki bar di area rooftop gedung. Tak hanya itu, Indonesia juga jadi satu-satunya gerai yang menyajikan steak halal. Indonesia dipilih karena perkembangan kuliner dan tingkat peminat steak yang semakin tinggi.

Sebelum masuk ke sajian utama, orang Amerika biasa menyantap steak dengan diawali makanan pembuka seperti sup, salad, atau bahkan seafood. Sajian pembuka kali ini adalah Beverly Hills Chopped Salad yang terdiri dari potongan wortel, kacang polong, jagung, tomat, timun, alpukat, selada, dan keju feta. Rasa segar dan sedikit asam dari keju bakal menyegarkan mulut.

Tak lama menunggu, suara minyak mendidih menarik perhatian saya. Sebuah piring besar berisi tenderloin fillet dan New York strip beserta minyak dan cairan alami dari daging pun tersaji di hadapan dengan menggugah selera. Ini merupakan menu porterhouse untuk dua orang seharga Rp1,8 juta.

Daging sapi USDA ini diimpor langsung dari Negeri Paman Sam. Yang membedakannya dengan banyak steak lain adalah daging yang diproses dengan konsep dry-aging. Konsep mengeringkan daging hingga 28 hari ini bertujuan untuk memecah jaringan ikat daging sebelum proses pemanggangan."Proses ini memanfaatkan enzim di dalam daging untuk menciptakan daging yang lembut melalui udara dan kelembapan yang dikontrol," ujar Peter Zwiener yang meneruskan usaha ayahnya, saat grand opening Wolfgang's Steakhouse, beberapa waktu lalu.

Tak ada bumbu yang digunakan selain sedikit garam saat memasak daging hingga medium rare, tingkat kematangan steak yang direkomendasikan. Ini bertujuan untuk menciptakan rasa asli dari daging sapi. Saus tambahan bisa diminta untuk menambah rasa.Namun, rasa dari daging saja sebenarnya sudah nikmat. Proses dry-aging membuat cairan di dalam daging keluar sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat juicy. Daging yang gurih dan empuk dapat dengan mudah dipotong dan dikunyah.

Jika ingin menikmati daging yang lebih berlemak, menu rib eye steak bisa jadi pilihan. Daging rib eye hadir dengan tekstur yang lebih kenyal dan membutuhkan kunyahan ekstra untuk memecah daging. Steak ala New York ini dapat dinikmati dengan makanan pelengkap seperti olahan kentang dan sayuran.

 

 

 

 

Author: Fitriyana Dwi S.

5 Cara Hadapi Kesepian Usai Putus Cinta

FOURTWO-Putus cinta yang menyakitkan kerap diikuti rasa kesepian. Pesan-pesan singkat nan manis juga ucapan 'selamat pagi' tak akan ada lagi. "Saat kehilangan seseorang, Anda akan menyadari bahwa Anda tidak memiliki siapa pun untuk menemani atau melakukan sesuatu dengannya," ujar dating coach, Cherlyn Chong, mengutip Elite Daily.

Namun, kesepian bukan berarti kesendirian. Pada masa ini, lanjut Chong, sebaiknya Anda berbaik hati pada diri sendiri. Sadari bahwa kesepian merupakan bagian dari proses.Selain itu, hadapi pula kesepian dengan cara yang sehat, seperti berikut.

1. Mendengarkan musik kencang dan produktif

Musik jadi alat yang kuat untuk meningkatkan suasana hati. Buat daftar lagu yang bisa meningkatkan mood Anda. Dengarkan musik sambil melakukan pekerjaan rumah. Bersih-bersih menjadi salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan pikiran positif. Sesuatu yang produktif akan membuat Anda tetap sibuk dan merasa lebih baik.

2. Beri waktu untuk bersedih

Waktu untuk bersedih bukan hal yang buruk. Ini menjadi salah satu bagian penyembuhan diri. Namun, Anda perlu mengelola agar tidak terlalu tenggelam dalam kesedihan.Beri diri Anda ruang setiap hari untuk benar-benar merasa jatuh. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah melalui kesepian.

3. 'Putus' sementara dengan media sosial

Saat merasa rapuh dan kesepian, sebaiknya Anda tidak bermain dengan media sosial. Melihat apa pun yang ditampilkan orang lain bisa membuat Anda berpikir bahwa mereka lebih bahagia dari Anda.

4. Terhubung dengan keluarga dan teman

Jangan sampai terlena dengan rasa malas. Sebaliknya, pergi keluar dan temui orang-orang yang Anda sayangi. Itu bisa menjadi cara terbaik menyembuhkan kesepian.

5. Kejar mimpi

Secara tidak langsung, putus cinta justru mengembalikan waktu Anda yang dulu terbuang bersama mantan kekasih. Ambil kesempatan tersebut, lakukan hal yang Anda sukai dan wujudkan mimpi.

 

 

 

 

 

 

Author: Fitriyana Dwi S.

Berdansa Tingkatkan Kesehatan Otak di Hari Tua

FOURTWO-Tak butuh biaya mahal untuk meningkatkan kesehatan otak di hari tua. Cukup dengan melakukan aktivitas fisik yang sederhana dan menyenangkan dapat menjaga kesehatan otak. Studi terbaru menemukan berjalan, berdansa, bercocok tanam, dan berenang merupakan kegiatan yang baik untuk otak.

Penelitian terbaru dari Columbia University memeriksa hubungan antara aktivitas fisik dan penuaan otak. Para peneliti menilai tingkat aktivitas fisik 1.500 orang tua dan menganalisis kualitas otak melalui MRI. Peneliti juga mempertimbangkan frekuensi, durasi, dan intensitas aktivitas fisik yang dilakukan peserta. Aktivitas fisik dibagi dalam tiga kategori berbeda. Pertama, kuat seperti aerobik, joging, bermain bola tangan. Kedua, sedang seperti bersepeda, berenang, hiking, bermain tenis. Ketiga, ringan seperti berjalan, berdansa, senam, golf, bowling, berkebun, dan menunggang kuda.

Hasilnya, peneliti menemukan orang yang lebih aktif memiliki volume otak yang lebih besar daripada orang yang tidak aktif. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu memperlambat kehilangan volume otak. "Hasil studi kami menambah bukti bahwa banyak aktivitas fisik terkait dengan volume otak yang lebih besar pada orang tua," kata peneliti Yian Gu. 

Berdasarkan hasil MRI, orang dewasa yang melakukan aktivitas fisik tinggi memiliki volume otak lebih besar 1,4 persen atau setara dengan perlambatan penuaan sekitar 4 tahun. Penyusutan otak yang dapat memperlambat proses dan fungsi kognitif ini biasanya dimulai terjadi pada usia 60-70 tahun. Penyusutan otak terjadi karena degenerasi sel-sel saraf di otak dan penyakit pada sistem saraf, dapat terjadi karena peradangan, stres oksidatif, dan radikal bebas. Untuk mendorong kesehatan otak dan mencegah penyusutan itu, setiap orang disarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan setiap harinya.

 

 

 

 

 

 

Author: Fitriyana Dwi S.

Pandemi Corona, UU Perintahkan Pemerintah Ungkap Daerah Sumber Penularan

FOURTWO-Wabah virus Corona (COVID-19) telah merebak ke beberapa daerah di Indonesia. Pemerintah pun diminta mengungkap data daerah-daerah mana saja yang menjadi sumber penularan corona.

ilustrasi corona

Namun, hingga kini pemerintah belum membuka data besar terkait daerah-daerah mana saja yang berisiko terhadap penyakit menular. Pemerintah justru meminta masyarakat memaklumi kebijakan pembatasan informasi itu.

"Mohon maaf nggak bisa kita buka lebar-lebar (data) karena responsnya macam-macam. Kita tahu pengalaman kemarin ditolak mentah-mentah, pada saat kita memutuskan Natuna sebagai tempat pemantauan. Oleh karena itu, kita harus hati-hati," ujar juru bicara pemerintah untuk urusan virus Corona, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Selasa, (10/3).Pemerintah bahkan merahasiakan lokasi rumah sakit pasien positif virus Corona. Alasannya, karena ada kode etik yang ingin dijaga pemerintah.

"Soal rumah sakit, ini etika yang kita lakukan. Karena banyak sekali RS tidak didatangi orang, karena di situ merawat COVID-19, kalau Sulianti Saroso memang itu untuk rumah sakitnya COVID, Persahabatan ya memang rumah sakitnya paru. Masyarakat yang ke sana tahu," kata Yuri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (12/3).

Lalu, bagaimana seharusnya pemerintah menyikapi data penyakit menular seperti corona ini?

Jika merujuk ke aturan negara, yakni undang-undang, ternyata pemerintah diharuskan membuka data dan menyampaikan ke publik tentang titik daerah mana saja yang berpotensi menjadi daerah penularan penyakit. Pemerintah diminta menyampaikan sebaran itu ke publik secara berkala.

Aturan itu tertuang dalam Undang-Undang tentang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 Pasal 154. Dalam aturan itu, pemerintah diminta mengumumkan jenis penyakit hingga daerah sumber penularan.

"Pemerintah secara berkala menetapkan dan mengumumkan jenis dan persebaran penyakit yang berpotensi menular dan/atau menyebar dalam waktu yang singkat, serta menyebutkan daerah yang dapat menjadi sumber penularan," bunyi Pasal 154 ayat 1.

Pemerintah juga diminta melakukan analisis terhadap penyakit menular dengan bekerja sama dengan masyarakat ataupun negara lain. Selain itu, pemerintah juga diminta melakukan karantina sekaligus menyiapkan tempat karantina.

Berikut bunyi petikan UU Nomor 36 Tahun 2009 Pasal 154:

1. Pemerintah secara berkala menetapkan dan mengumumkan jenis dan persebaran penyakit yang berpotensi menular dan/atau menyebar dalam waktu yang singkat, serta menyebutkan daerah yang dapat menjadi sumber penularan.

2. Pemerintah dapat melakukan surveilans terhadap penyakit menular sebagaimana dimaksud pada ayat 1.

3. Dalam melaksanakan surveilans sebagaimana dimaksud pada ayat 2, pemerintah dapat melakukan kerja sama dengan masyarakat dan negara lain.

4. Pemerintah menetapkan jenis penyakit yang memerlukan karantina, tempat karantina, dan lama karantina.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: detik.com

Author: Nurul Azizah

Tips Membersihkan Wajah yang Tepat

FOURTWO-Untuk mendapatkan kulit wajah bersih dan sehat, hal ini tergantung bagaimana cara Schoolers membersihkan kulit wajah. Karena saat tak membersihkan dengan benar, kotoran akan tetap menempel di kulit wajah dan membuatnya terpendam.Dalam membersihkan kulit wajah Schoolers jangan langsung mencuci muka dengan pembersih wajah. Tapi harus dimulai dari menggunakan micellar water agar makeup yang digunakan terangkat.

Kemudian Schoolers dapat melanjutkan dengan menggunakan cleansing oil. Ini akan membantu mengangkat sisa kotoran di wajah. Setelah itu baru gunakan sabun pembersih wajah yang lembut. Saat mencuci wajah pastikan hingga leher juga ikut dibersihkan. Setelah itu keringkan wajah dengan cara menepuk wajah dengan lembut. Nah, mudahkan Schoolers, jadi jangan salah lagi ya saat membersihkan kulit wajah kamu.

 

 

 

 

Author: Aulia Raya C.

7 Manfaat Vitamin C, Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Cegah Virus

FOURTWO-Vitamin C bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat vitamin C penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh karena diperlukan bagi pembentukan pembuluh darah, tulang rawan, otot dan kolagen.

Manfaat vitamin C juga diperlukan untuk membantu melindungi sel-sel tubuh melawan radikal bebas termasuk beberapa jenis virus. Terkait dengan virus Corona COVID-19 yang kini sudah masuk wilayah Indonesia, menjaga daya tahan tubuh jadi salah satu langkah pencegahan agar tidak tertular.

Seperti dijelaskan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, ia mengimbau masyarakat agar terus menggerakkan hidup sehat untuk mencegah merebaknya virus Corona COVID-19. Salah satunya dengan menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. "Cara mencegahnya gampang sekali. Selama imunitasnya baik, gerakan hidup sehat, dan sebagainya, makan tepat waktu," ujarnya di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Berikut ini beberapa manfaat vitamin C, khususnya dalam meningkatkan daya tahah tubuh, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi makanan tinggi vitamin C dari buah dan sayuran bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker seperti kanker payudara, usus besar dan paru-paru. Seperti dilansir Mayo Clinic, makanan mengandung vitamin C bisa didapat dari berbagai jenis buah citrus sepert jeruk dan lemon, tomat, paprika, brokoli, bayam dan buah beri seperti blueberry dan anggur.

 

2. Membantu Penyembuhan Batuk Pilek

Manfaat vitamin C bagi tubuh lainnya adalah menjaga imunitas dari penyakit pilek disertai batuk. Sebenarnya minum suplemen vitamin C bukan menjadi jaminan kamu akan total terhindar dari virus penyebab pilek dan batuk, namun sejumlah studi menunjukkan orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C, mereka akan lebih cepat sembuh saat pilek atau batuk ketimbang yang tidak rutin meminumnya. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut juga lebih sedikit. Jadi disarankan mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari agar daya tahan tubuh lebih kuat melawan virus. Jika kamu baru minum vitamin C setelah sakit, maka manfaatnya tidak terlalu membantu untuk pencegahan.

 

3. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh karena Stres

Vitamin C bermanfaat meningkatkan kesehatan pada mereka yang menderita stres. Pakar kesehatan Moyad mengatakan bahwa vitamin C bisa memberikan manfaat lebih bagi orang yang daya tahan tubuhnya melemah akibat stres. "Karena vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sensitif terhadap stres, dan nutrisi pertama yang menyusut kadarnya pada peminum alkohol, perokok dan obesitas, maka (mencukupi kebutuhan vitamin C) ideal untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan," ujarnya.

 

4. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C juga memberi manfaat pada kulit. Manfaat vitamin C untuk kulit salah satunya mencegah penuaan dini. American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa konsumsi rutin vitamin C bisa memperlambat timbulnya kerutan, kekeringan kulit serta membuat tampilan kulit lebih baik dan sehat.

 

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Berdasarkan analisa dari sembilan studi terhadap 293.172 partisipan selama 10 tahun, ditemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C dalam jumlah cukup, risiko terkena penyakit jantung lebih rendah 25 persen. Analisis penelitian lainnya juga menemukan konsumsi vitamin C dari makanan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

 

6. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Konsumsi suplemen vitamin C berkhasiat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Manfaat vitamin C adalah mengubah zat besi dari makanan berbasis tanaman yang cenderung sulit diserap tubuh, menjadi bentuk zat besi yang lebih mudah terserap. Seperti dikutip dari Health Line, konsumsi vitamin C 100 mg setiap hari meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh hingga 67 persen. Hasilnya manfaat vitamin C bisa membantu mengurangi risiko anemia pada orang-orang yang rentan mengalami kekurangan zat besi.

 

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti telah disebutkan di atas, manfaat vitamin C yang utama adalah meningkatkan imunitas. Bagaimana prosesnya? Vitamin C membantu meningkatkan efektivitas sel darah putih dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat molekul yang sifatnya merusak, misalnya radikal bebas. Manfaat vitamin C juga krusial dalam sistem ketahanan kulit yang merupakan organ terluar dan paling besar sebagai garda depan pertahanan tubuh terhadap radikal bebas dan virus.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang menderita pneumonia cenderung memiliki kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya. Mengonsumsi suplemen vitamin C juga terbukti mempercepat masa penyembuhan. Mengonsumsi vitamin C setiap hari sangat baik bagi tubuh karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Asupan vitamin C bisa didapat dari makanan seperti sayur dan buah, vitamin C dalam bentuk tablet, effervescent maupun vitamin C hisap. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C secara optimal, kebutuhan vitamin C yang disarankan adalah 500 mg per hari. Lebih dari itu, kelebihan vitamin C akan dikeluarkan oleh tubuh lewat urine.

 

 

 

 

 

 

 

 

Author: Aulia Raya C.

Bertahan di Pulau Dewata Demi Terhindar 'Penjara Corona'

FOURTWO-Ratusan turis China yang berlibur di Bali memperpanjang masa liburannya, karena takut akan infeksi virus corona yang mematikan di negaranya. Kekhawatiran atas wabah yang menyebar dengan cepat mendorong Indonesia untuk menutup semua penerbangan ke dan dari China bulan ini, memukul bisnis restoran, hotel, agen perjalanan dan pemandu wisata di Pulau Dewata.

Tetapi dengan lebih dari 2.800 orang meninggal karena penyakit COVID-19 di daratan China, dan seluruh kota dikunci, pejabat imigrasi di Bali mengatakan hampir 1.000 turis China telah mengajukan permohonan perpanjangan visa darurat."Saya seorang pengungsi internasional," Steve Li, manajer sebuah perusahaan Eropa di China. "China seperti penjara besar, semua kota dikunci," tambahnya.Li mengatakan dia tidak percaya jaminan Beijing bahwa negara berusaha mengendalikan penyebaran virus corona.

Sementara ia berencana untuk kembali bekerja, Li meninggalkan istri dan dua anaknya yang masih kecil di Bali. "Saya mengelola perusahaan jadi saya tidak bisa meminta karyawan saya untuk terus bekerja sementara saya bersembunyi di sini," katanya.

Sekitar 1 juta wisatawan Tiongkok mengunjungi Bali setiap tahun - jumlah turis mancanegara asing terbesar kedua setelah Australia - dan menyuntikkan ratusan juta dolar ke dalam ekonomi lokal.Ribuan orang melakukan perjalanan ke sana untuk liburan Tahun Baru Imlek bulan lalu tepat ketika wabah virus corona mulai merajalela, mendorong penguncian provinsi Hubei di China, di mana infeksi pertama kali terdeteksi.

Sejumlah negara telah melarang masuk turis dari China. Pemerintah China juga berusaha menjemput warga negaranya yang masih berada di luar negeri. Hanya beberapa lusin pelancong Tiongkok di Bali yang menerima tawaran itu. "Saya tidak terkejut jika mereka tidak mau kembali," kata Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa kepada AFP. 'Saya takut' Zilong Wang dari Beijing mengatakan dia menunda kepulangannya karena dia yakin pemerintahnya telah meremehkan jumlah korban yang sebenarnya dari infeksi itu.

"Saya lebih suka tinggal di Bali dalam situasi ini," kata pria berusia 30 tahun itu kepada AFP di luar kantor imigrasi yang dipenuhi turis Tiongkok yang cemas, mengantre berjam-jam dengan harapan dapat memperpanjang masa tinggal mereka.Wang mengatakan bahwa dia juga waspada terhadap pelancong Tiongkok lainnya. "Saya sudah mencoba untuk tetap di dalam hotel," kata Wang.

"Saya gugup ketika bertemu dengan beberapa orang Tionghoa lainnya terutama ketika mereka tidak memakai masker. Saya takut terinfeksi." Beberapa pelancong sedang mempersiapkan rencana cadangan jika permintaan mereka untuk memperpanjang masa tinggal mereka ditolak.Heather Wang, agen real estat dari provinsi Zhejiang, telah berada di Bali sejak akhir Januari dan tidak memiliki rencana untuk kembali ke rumah - bahkan jika dia terpaksa harus meninggalkan Bali. Dia menunggu untuk mendengar kabar dari kedutaan Australia tentang apakah aplikasi untuk izin masuk turisnya telah berhasil. "Jika Australia tidak menyetujui visa saya, saya pikir saya akan pergi ke Thailand," tambah pria 26 tahun itu.

 

 

 

 

 

 

 

Author: Fitriyana Dwi S.

12 Alasan Melancong ke Luxembourg

FOURTWO-Luxembourg menjadi negara pertama di dunia yang menggratiskan transportasi umumnya demi mengurangi kemacetan di kawasannya. Sebelum datang ke Prancis atau Jerman, tidak ada salahnya meluangkan waktu ke Luxembourg untuk menikmati wisata di sana. Berikut sejumlah objek wisata yang patut dikunjungi saat berada di Luxembourg:

1. Keliling Kota Tua Luxembourg

Jembatan batu yang membelah sungai dan benteng yang megah menjadi pemandangan utama di Kota Tua Luxembourg yang masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota Tua Luxembourg berlokasi di Luxembourg City. Perlu dicatat bahwa kota ini tidak besar, membuatnya sempurna untuk dinavigasi dengan berjalan kaki. Mulailah berjalan kaki dari Place Guillaume II, alun-alun yang dipenuhi patung hingga Palais Grand-Ducal, rumah keluarga kerajaanJika lelah berjalan kaki, silakan naik ke atas bukit untuk menikmati pemandangan 360 derajat kawasan ini.

2. Jelajah Bock Casemates - Casemates du Bock

Bock Casemates atau Casemates du Bock adalah terowongan sepanjang 17 kilometer yang dibangun oleh Spanyol antara tahun 1737 dan 1746. Terowongan Casemates berada di bawah Kastil Montée de Clausen. Menjadi tempat penampungan bagi lebih dari 35 ribu penduduk setempat dan ribuan tentara selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II, terowongan ini menjadi salah satu ikon sejarah Luxembourg dan juga masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Dengan arsitektur batu yang mengesankan, Terowongan Casemates menjadi salah satu objek wisata sejarah yang patut disambangi saat ke Luxembourg.

3. Memandangi Château de Vianden

Di kota Vianden, Château de Vianden disebut sebagai salah satu istana paling menakjubkan di Luksemburg. Dibangun antara abad ke-11 dan ke-14, kastil ini adalah salah satu tempat tinggal terbesar dari zaman Gotik di Eropa. Bagian utama kastil adalah kapel dan pemukiman megah yang dibangun antara akhir abad ke-12 dan paruh pertama abad ke-13. Direnovasi pada tahun 1977, Château de Vianden dianggap sebagai salah satu monumen penting di benua Eropa.

4. Kunjungan ke Katedral Notre Dame

Katedral Notre Dame dibangun pada abad ke-17, antara tahun 1613 dan 1621. Gerbang utara katedral yang diilhami oleh arsitektur baroque tampaknya menjadi bagian paling mengesankan dari bangunan megah yang dihiasi dengan detail mewah, seperti kaca patri dari abad ke-19 dan ke-20 serta patung-patung kuno dan modern di atas altarnya. Kuburan keluarga kerajaan terletak di ruang bawah tanah, dijaga oleh dua patung singa yang dirancang oleh Auguste Trémont.

5. Deretan museum

Bagi para pecinta seni, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Luxembourg terletak di dalam Fort Thüngen, sebuah galeri kontemporer yang berusia hampir 300 tahun yang telah direnovasi oleh Ieoh Ming Pei - arsitek jenius di balik piramida Museum Louvre di Paris, Prancis. Museum Seni Modern (MUDAM) memajang karya Andy Warhol dan Steve McQueen dengan serangkaian patung modern di luar, membingkai pemandangan kota kuno yang megah.

Tak jauh dari MUDAM, ada gedung pertunjukan Philharmonic of Luxembourg yang disebut salah satu yang terbaik di Eropa.Setelah dari sana, silakan datang ke Museum Nasional Sejarah dan Seni lalu ke Museum Sejarah Kota Luxembourg.

6. Menyusuri Pedestrian CornicheLa 

Chemin de la Corniche atau jalan pejalan kaki di sepanjang benteng tua kota disebut sebagai balkon paling indah di Eropa. Pedestrian sepanjang 500 meter berada di tepi Sungai Alzette, menawarkan titik pandang kota yang menakjubkan.

7. Berfoto di Jembatan Passerelle

 ViaductPasserelle Viaduct merupakan jembatan bersejarah yang juga menawarkan pemandangan Luxembourg dari sudut yang menakjubkan. Dibangun antara tahun 1859 dan 1861 oleh perusahaan Inggris Waring Brothers, jembatan ini menghubungkan pusat kota dengan stasiun kereta api baru.

8. Mendaki ke Schiessentümpel

Terletak di daerah yang dikenal sebagai Little Switzerland karena bentang alamnya yang murni, Schiessentümpel adalah air terjun yang mengalir di sekitar batu berlumut. Schiessentümpel adalah ujung dari rute Müllerthal Trail sepanjang 112 km yang populer di kalangan pendaki.

9. Kongko di Echternach

Yang ingin makan siang dengan pemandangan kota tua silakan datang ke Echternach. Echternach yang dihiasi bangunan bergaya gotik berada di tepi Sungai Sûre yang melintas di antara Luxembourg dan Jerman.

10. Berenang di Esch-sur-Sûre

Berada di Taman Alam Upper-Sûre, Esch-sur-Sûre menjadi kolam renang alami yang dicintai penduduk Loxembourg, negara yang tak punya pantai karena dikelilingi daratan. Esch-sur-Sûre adalah pusat kegiatan berenang, berkano, selancar angin, dan berlayar selama musim panas.

11. Kebun anggur di Schengen

Kawasan Schengen - perbatasan antara Prancis dan Jerman - menjadi lokasi wisata kebun anggur terbaik di Luxembourg. Selain terkenal dengan kualitas anggurnya yang mendunia, kawasan Schengen juga populer dengan sejarah panjang perjanjian melintas antar negara Eropa yang ditandatangani di sini pada tahun 1985.

12. Rileksasi di Mondorf-les-BainsMondorf-les-Bains disebut Kota Spa di Luxembourg.

Dengan kekayaan mata air panas, turis bisa melakukan terapi air untuk kesehatan dan relaksasi di sini, mulai dari sauna sampai kolam renang alami.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Author: Fitriyana Dwi S.

 

Tahan Lama, 5 Sayuran yang Bisa Disimpan Buat Stok di Rumah

FOURTWO-Semenjak diumumkannya oleh Presiden Jokowi, bahwa ada dua orang warga negara Indonesia yang positif terkena virus corona; tampaknya sudah banyak dari kita yang mulai berbenah rumah hingga menyetok beberapa makanan.Sebab, memang kita disarankan untuk tak terlalu banyak berada di publik area, maupun mengurangi kontak fisik; terutama dengan orang yang sedang tidak fit.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A (K)., M.Kes., MH.Kes. selaku Direktur Pelayanan Kesehatatan Tradisional Kemenkes RI yang kumparan temui pada Sabtu (29/2) lalu mengatakan, "Corona virus intinya yang harus kita tekankan adalah kebersihan. Selalu cuci tangan jangan malas, di setiap tempat kini ada handsoap. Tenggorokan jangan sampai kering atau dehidrasi, selalu minum. Jangan terlalu banyak berada di tempat-tempat ramai. Serta tetap jaga kesehatan dengan makan yang sehat pula, contohnya sayur dan buah," tuturnya. 

Makan makanan sehat memang dipercaya bisa menjaga sistem imun kita. Untuk itu, enggak ada salahnya buat menyetok sayuran seperti yang disarankan dokter Ina. Lantas, kalau sudah distok perhatikan juga cara penyimpanannya. Berikut ada 5 jenis sayuran yang punya umur panjang, sehingga bisa kamu stok di kulkas. Apa saja? Yuk, simak daftarnya berikut ini: 

1. Sayuran hijau gelap

Sawi hijau dan sawi putih. sayuran hijau gelap; seperti kale, chard Swiss, dan sawi bisanya tersedia banyak tanpa kenal musim. Sayuran ini juga tahan lama, lho.  Supaya umurnya semakin panjang, simpanlah dalam bentuk yang sudah terpotong kecil. Simpan dalam wadah kering, dan masukkan dalam kulkas. Nantinya, sebelum dipakai dicuci terlebih dahulu, ya.                       

 2. Jagung jagung memiliki kekuatan simpan yang cukup lama. simpan saja di kulkas seperti biasa

3. Mentimun Mentimun punya badan yang kokoh dengan kulit yang kering. Enggak heran kalau sayuran yang juga masuk kategori buah ini bisa bertahan lama. Coba saja stok beberapa buah mentimun. Kalau sedang tak ada sayuran Schoolers bisa melalapnya, kan?

4. Wortel Sama halnya dengan mentimun, wortel juga bisa disimpan dalam waktu yang lama. Kamu bisa menyimpannya begitu saja dalam kulkas, atau kalau mau disimpan dalam freezer baiknya dipotong kecil-kecil terlebih dahulu.

5. Buncis  kalau mau stok buncis, kamu perlu membersihkannya terlebih dahulu dari serat-serat di pinggirnya. Kemudian simpanlah dalam plastik, dan beri sedikit bolongan agar ada udara yang masuk. Simpan dalam kulkas, maka buncis bisa tahan hingga sebulan lamanya.

 

 

 

 

 

 

 

Author: Aulia Raya C.

Subscribe to this RSS feed