Sekolah

Tantangan Guru Dalam Menghadapi Siswa Milenial

FOURTWO - Tantangan Guru Dalam Menghadapi Siswa Milenial
Bagi sebagian guru strategi untuk mengajar itu perlu karena itu adalah suatu hal yang penting untuk menarik perhatian para siswa. Dalam hal belajar mengajar memahami karakter setiap kelas itu sangatlah harus dilakukan. Karena ada tantangan yang harus guru hadapi dalam menghadapi siswa milenial karena sifatnya yang beda jauh dari generasi sebelumnya.
Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh guru dalam belajar mengajar di dalam kelas. Karena setiap sifat pasti berbeda-beda, tak hanya itu proses belajar mengajar juga sangat harus diperhatikan apakah siswa bisa mengikutinya atau tidak. Beberapa tantangan guru dalam menghadapi siswa adalah...

Penurunan Karakter

Tantangan Guru Dalam Menghadapi Siswa Milenial
Bagaimanapun juga setiap tahun atau setiap generasi pasti berbeda-beda dan penurunan karakter inilah yang seakan membuat proses belajar mengajar susah. Karena bagaimanapun juga karakter adalah hal yang perlu diperhatikan dalam sekolah untuk tuntunan siswa agar menjadi lebih baik. Banyaknya berita tentang banyak siswa yang membelot pada guru ketika didalam kelas maupun diluar kelas itu sangatlah tidak baik. Generasi sebelumnya memang ada tetapi mereka takut untuk melawan guru, bahkan membuat masalahpun harus berpikir dua kali.

Manajemen Waktu

Dalam memanajemen waktu siswa sekarang sangat sulit, karena siswa terganggu oleh teknologi yang semakin berkembang seperti sebuah handphone. Siswa menjadi malas untuk belajar bahkan membacapun sudah jarang, untuk berbicara di depan kelas saja kadang ada yang susah. Dalam hal ini guru perlu membimbing siswa untuk bisa memanajemen waktunya agar tidak mengganggu kegiatan sekolah.

Harus Mengikuti Teknologi


Penurunan Kepedulian Lingkungan

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Mungkin ini juga ada didalam generasi sebelumnya, tetapi sekarang banyak siswa yang turun kepeduliannya terhadap lingkungan. Bahkan melihat satu plastik saja siswa malas mengambilnya untuk dibuang ketempat sampah, jika memang demikian sangat perlu disekolah diberikan arahan pentingnya menjaga lingkungan.



Dalam pembelajaran guru melakukan pendekatan yang berbeda disesuaikan perkembangan jaman sekarang. Gurupun harus memikirkan metode pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran. Pendidikan juga harus berpusat pada siswa, bahkan guru harus mengarahkan dan memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran maupun kegiatan sekolah.
Mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih itu tugas wajib seorang guru kepada siswa. Dalam tugasnya tersebut, guru juga harus menghadapi tantangan yang ane sebutkan diatas, sebagaimana perlakuan tersebut pada anaknya sendiri ia juga harus membagi pada siswa. Karena itu guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Guru mendidik siswa untuk menjadi penerus bangsa dan memajukan bangsa, bahkan yang duduk dikursi De Pe Er pun tak luput mereka sukses karena jasa guru yang gajinya tak lebih dari pas.
Last modified onTuesday, 10 September 2019 02:03