d'Lounge

5 Hal Ini Tidak Pernah Dilupakan Orang yang Bahagia

Apakah pernah orang lain terlihat lebih bahagia ketimbang Anda? Terutama saat membuka media sosial, Anda melihat orang-orang bersenang-senang saat liburan atau merayakan prestasi.

 

Namun di di sisi lain, Anda merasa masih terus berjuang melalui hari dan pulang ke rumah dalam keadaan kelelahan. Dan Anda selalu merasa bernasib buruk.

Seiring waktu, hal tersebut bisa membuat frustasi. Anda bisa menyabotase pertumbuhan diri sendiri tanpa menyadarinya. Namun kabar baiknya, jika Anda mengubah cara berpikir, Anda bisa mengendalikan situasi.

Seperti melansir lifehack.org, Kamis (17/11/2016) jika Anda ingin memulai bahagia, ingatlah enam hal yang tak pernah dilupakan orang bahagia ini:

1. Fokus pada peningkatan diri sendiri
Jangan terpaku pada keberhasilan orang lain. Sudahlah, Anda tidak perlu peduli dengan apa yang orang lain miliki atau prestasi yang ia telah capai. Anda harus fokus pada kemajuan dan pertumbuhan Anda sendiri.

Sangat mudah iri dengan orang lain ketika kita hanya melihat ke permukaan. Bila berselancar di media sosial, Anda akan melihat orang hanya memilih untuk menyajikan bagian terindah dalam hidup mereka, sementara Anda membandingkan dengan periode sulit dan senang. Alih-alih berfokus pada orang lain, mulailah melakukan hal berpengaruh bagi diri kita sendiri.

2. Membuat keputusan untuk menjadi bahagia
Anda mungkin berpikir, "Memilih untuk bahagia? Kebahagiaan itu tidak alami?" Namun sebenarnya kebahagiaan adalah sebagian besar pertanyaan dari pola pikir.

Kebahagiaan berasal dari rasa syukur. Hal-hal itu tidak selalu berjalan seperti yang Anda inginkan, tetapi pada saat yang sama, hal yang tampaknya buruk bisa berakhir menjadi berkah.

3. Berhenti menempel masa lalu
Setiap orang memiliki saat-saat yang menyakitkan atau memalukan dari masa lalu. Jika ingin bahagia, putuskan bagaimana Anda ingin berurusan dengan kenangan yang menyakitkan.

Apakah Anda masih merasa kesal dan benci tentang kenangan Anda? Hal ini dapat melumpuhkan kemampuan untuk bergerak maju. Atau sebaliknya, apakah Anda mengakui peristiwa yang menyakitkan dan mau belajar dari pengalaman.

Sebaliknya, jangan biarkan kenangan baik menahandari kemajuan dalam hidup Anda. Yang terbaik belum datang. Kebahagiaan mungkin mengambil bentuk atau bentuk yang berbeda, tapi itu ada jika Anda menginginkannya.

4. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif dan mendukung

Orang yang dipilih untuk menghabiskan waktu ikut memberi pengaruh bagi Anda. Bersama orang-orang yang tidak mendukung Anda ketika mencoba memperbaiki diri sendiri akan membawa Anda terperosok

Jika melihat orang-orang di sekitar Anda yang membawa pengaruh negatif, saatnya untuk pergi. Sangat mudah untuk tetap dikelilingi oleh negativitas ketika rasanya seperti tidak ada pilihan lain yang tersedia.

Tapi ada. Lebih baik sendirian daripada dengan orang-orang yang memberi pengaruh buruk. Saat sendiri adalah waktu untuk refleksi diri untuk menemukan cara untuk memperbaiki diri sendiri


5. Jadilah jujur
Kadang-kadang bisa menakutkan untuk mengatakan yang sebenarnya. Anda takut menakut-nakuti orang lain pergi, atau menakuti diri sendiri. Di sisi lain, mengatakan yang sebenarnya bisa membebaskan.

Hal yang baik tentang kebenaran adalah bahwa Anda tidak harus ingat kebohongan, atau merasa buruk tentang diri Anda. Ini berarti yang tidak menekankan diri Anda sepanjang waktu.

Kebanyakan dari semua, tinggal jujur kepada diri sendiri. Anda bebas untuk membuat pilihan Anda sendiri, untuk hidup sesuai dengan cara Anda sendiri, dan berjuang untuk apa yang Anda percaya. Jadilah bahagia!

 

Sumber: Liputan6.com